Jumat, 04 Januari 2019

5w 1 h Dalam Pemasaran


[ 5 W + 1 H DALAM PEMASARAN VERSI SAYA ]

Kayak wartawan aja ya? Memang seorang marketer yang baik perlu punya sejenis penciuman investigasi yang tajam ala-ala jurnalis bahkan detektif.

Lagipula, ada naluri jurnalis pada diri setiap orang. Entah kata siapa. Tapi buktinya kita semua kepo-an.

Baiklah. Ini sebetulnya bahasan klasik yang kita cuma daur-daur ulang biar ramah lingkungan.

WHAT

Ini soal GIVING dan HELPING. Rumusnya sudah begitu dari sononya. Memberi dan membantu adalah sebab. Menerima adalah akibat.

Mau kasih atau  bantu apa untuk orang banyak yang bisa membuat hidup menjadi lebih mudah? Mengubah dunia jadi tempat lebih baik? Ceile.. udah kayak lagunya Michael Jackson, Heal The World.

Ini pasti lebih dari sekadar produk apalagi fitur. Selain produknya, apa? Servis itu pasti. Gabungan produk dan servis satu paket. Tapi perlu lebih dalam lagi. Beyond those physical use.

WHO & WHERE

Saya pikir dua ini jangan dipisah. Ini substansinya tentang memetakan DAYA BELI sebagaimana saya sebut di status sebelumnya.

Siapa yang punya daya beli dan di mana? Satu paket. Kalo digabung menjadi target market atau customer segment dalam BMC.

Kenapa daya beli penting dan menjadi tekanan? Sebab menurut teori sebuah obyek menjadi bernilai ketika punya empat hal :

✓ kegunaan
✓ kelangkaan
✓ keinginan atau permintaan
✓ daya beli

Tiga yang pertama terpenuhi tanpa yang keempat? Tidak terbentuk nilai yang artinya tidak tercipta prakondisi menuju transaksi.

So dalam hal who dan where ini bukan siapa yang mau, butuh, apalagi pantas saja, tapi lebih pentingnya sekali lagi adalah siapa yang punya  daya beli.

Ini tuh bisa dikerucutkan lagi menjadi lebih spesifik dengan filter berdasarkan misalnya peran dalam pengambilan keputusan.

WHY

Di sini kita mencari irisan antara WHAT dengan WHO.

Apa yang mau kita kasih dan bantu dengan kebutuhan, keinginan, masalah, dan tantangan mereka yang ingin diberi dan dibantu.

Dijodohkan, dimatchingkan, dicari product and market fitnya. Disesuaikan pendekatan komunikasinya.

Tujuannya, membantu who menemukan alasan yang kuat yang sesungguhnya ada tapi lupa ditaruh di mana olehnya.

Helping them locating their best purchasing potentials.

HOW

Adalah gabungan dari keempat hal di atas. Dari tadi itu semua ngomongin how. Tapi di sini dibikin konkrit. Wujud, kemasan, dan programnya kayak apa.

Dibungkusnya kayak gimana dan dikasihinnya dg cara gimana?

Di BMC mungkin kolomnya Customer Relationship kali yah..

WHEN

Kok ini kayaknya enak terakhir ya.. semua kelar beres.. matang.. baru tentukan.. yuk kapan kita anterin..

Jadi sebetulnya lebih pas judulnya 4 W + 1 H + 1 W lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar